Jumat, 24 Desember 2010

MENGOBATI KEPUTIHAN SECARA ALAMI


Keputihan atau fluor albus sering terjadi pada perempuan dan kerapkali menjadi masalah yang menjengkelkan. Sepanjang hidup seorang perempuan, diperkirakan minimal sekali pernah mengalami keputihan yang umumnya menyerang pada usia reproduktif. Keputihan yang disebabkan infeksi bakteri, virus, jamur, dan parasit akan disertai rasa gatal di dalam maupun luar vagina. Infeksi bisa saja menjalar yang kemudian menimbulkan peradangan saluran kencing dan menyebabkan rasa nyeri dan perih saat buang air kecil.

Keputihan yang normal jumlahnya tidak berlebihan dan tidak disertai rasa gatal. Biasanya terjadi pada perempuan yang terlampau lelah, dalam keadaan stres, atau daya tahan tubuh yang sedang menurun. Keputihan juga biasa terjadi saat menjelang dan setelah menstruasi.

Namun jangan anggap enteng dengan keputihan. Bila keputihan yang disebabkan oleh infeksi dibiarkan tanpa pengobatan berlangsung dalam jangka waktu lama, infeksinya bisa meluas ke rongga rahim, saluran telur, lalu indung telur yang bisa menyebabkan kemandulan.

Untuk itu, sebelum keputihan menjadi bertambah parah, ada baiknya untuk mencoba obat tradisional berikut ini untuk mengusir keputihan.

RESEP 1 :

* Dua ruas kunyit
* Tiga bulatan asam jawa
* Gula merah, menurut selera
* Satu gelas air matang

Caranya :

Tumbuk jadi satu kunyit dan asam jawa, beri air dan saring. Tambahkan gula merah. Ramuan ini diminum setiap hari satu atau dua kali, tergantung seberapa berat keputihan yang anda alami.

Resep 2 :

* Satu buah srikaya masak berukuran sedang
* 3 cm kunyit
* Satu gelas air matang
* Madu atau gula merah bila suka

Caranya :

Blender srikaya dan kunyit bersama dengan air. Minum ramuan ini setiap hari selama seminggu.


Dalam kasus keputihan yang belum begitu parah, kedua ramuan diatas sangat membantu para perempuan mengatasi keputihan. Namun dalam kasus keputihan yang berat dimana ramuan tersebut diatas tidak bisa mengatasinya, sebaiknya anda menghubungi dokter kandungan terdekat.

Tanpa bermaksud menggurui, namun semoga resep tersebut bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar