Senin, 27 Desember 2010

TIPS MENGHILANGKAN KETOMBE


Ketombe atau kelemumur dengan nama ilmiah pityriasis capitis, adalah pengelupasan kulit mati kepala yang terlalu berlebihan. Pengelupasan kulit mati adalah proses alamiah, namun bila terjadi berlebihan disertai iritasi dan kemerahan, hal ini patut untuk diatasi.

Apalagi kalau serpihan-serpihan kulit mati itu berbentuk besar dengan jumlah sangat banyak, yang tidak hanya mengotori dan mengurangi keindahan rambut saja, juga sampai berjatuhan di pakaian, hal ini pastilah merisaukan. Dan tentu saja mengurangi tingkat percaya diri kita.
Dibawah ini ada beberapa resep untuk mengatasi ketombe anda, yang layak untuk dicoba.

Resep 1 :

Ambillah minyak goreng yang belum dipakai dan usapkan pada kulit kepala yang berketombe, dan urut perlahan ( jangan menggunakan ujung kuku, tapi dengan kulit ujung jari untuk menghindari luka pada kulit kepala yang bisa memperparah iritasi ). Biarkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu keramaslah sampai bersih. Jika dilakukan teratur seminggu tiga kali sebelum keramas, niscaya rambut anda akan bersih dari ketombe.

Resep 2 :

Sediakan dua sendok garam dapur dan seduh dengan air dingin hingga larut. Airnya tidak perlu terlalu banyak, asal garam bisa larut saja ( Kira-kira 1/3 gelas ). Lalu gosoklah kulit kepala yang terasa gatal itu dengan larutan garam sampai rata, diamkan selama lima menit. Setelah itu, keramaslah hingga bersih. Ulangi setiap anda akan keramas sampai sembuh.

Mudah-mudahan dua resep diatas bermanfaat adanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar